Senin, 30 November 2015

MEMBUAT SENDIRI POCKET POWER SUPPLY 5V
Catu daya atau power supply banyak kita jumpai di pasaran. Hanya saja banyak juga yang menyebutnya adaptor. Sebernarnya kedua barang tersebut sama prinsipnya, hanya saja adaptor yang saat ini kita jumpai dipasaran memiliki tegangan output yang bisa dirubah sesuai keinginan kita. Tegangan keluaran dari adaptor tersebut biasanya 3, 5, 7, 10, dan 12 V dengan arus sebesar 1 ampere.

Tetapi harga dari adaptor tersebut cukup mahal untuk kantong anak kuliahan (seperti saya). Harga yang bervariasi tersebut belum tentu juga sesuai dengan kualitas dari adaptor tersebut. Belum lagi berat dan ukurannya tidak enak untuk dibawa-bawa menjadi alasan mengapa saya kurang suka memakai adaptor.

Untuk itu saya memiliki ide membuat power supply yang bisa dibawa kemana-mana dengan tegangan 5V. Power supply ini memiliki keunggulan yaitu minim kabel dan mudah dibawa kemana-mana karena bentuknya yang kecil. Prinsip kerja dari power supply ini yaitu menurunkan tegangan dari baterai 9V dengan regulator 7805 yang menghasilkan tegangan output 5v. Berikut ini skemanya





Tidak ada komentar:

Posting Komentar